Resep Bolu Gulung Kukus Batik Mudah dan Ekonomis

by -508 views
Resep Bolu Gulung Kukus Batik Mudah dan Ekonomis
Resep Bolu Gulung Kukus Batik Mudah dan Ekonomis

Reseplokal- Bagi Anda yang ingin membuat resep bolu gulung kukus batik, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini. Bolu gulung kukus batik adalah salah satu varian terbaru dari bolu kukus.

Yang membedakan dari bolu lain adalah dimana bolu ini memiliki corak yang khas dan menyerupai batik. Bahkan bagi para profesional juga tak tanggung-tanggung, mereka benar-benar membuat bolu kukus batik ini dengan motif batik yang ada di tanah air.

Cara membuat resep kue bolu gulung batik
Cara membuat resep kue bolu gulung batik

Bolu gulung ini serin gjuga disebut dengan kue swiss roll. Bukan hal yang sulit bagi Anda untuk mencoba membuatresep bolu gulung kukus batik ini.

Bahkan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah karena bahan yang dibutuhkan sangat ekonomis dan cara pembuatannya begitu mudah. Para profesional umumnya akan membuat motif batik yang sesungguhnya.

Dimana motif yang umum dibuat ialah motif batik pekalongan. Akan tetapi untuk para pemula, membuat corak tertentu juga bukan menjadi masalah.

Untuk membuat bolu gulung kukus ini, Anda perlu menyiapkan berbagai bahan-bahan yang dibutuhkan. Diantaranya ialah 100 gram tepung terigu rendah protein, 50 gram margarin yang telah dicairkan, 100 gram gula pasir, 3 butir telur, ½ sdt ovalet atau sp, 50 ml minyak sayur, ¼ sdt garam, pewarna dengan warna sesuai yang Anda inginkan dimana nanti akan digunaakn untuk membuat batik.

Untuk isian, Anda bisa menggunakan selai sesuai selera. Bisa dengan selai strawberry, selai coklat, atau jenis selai lainnya. Lalu utnuk membuat resep bolu gulung kukus batik, Anda perlu untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah awal untuk membuatresep bolu gulung kukus batik ini, mulailah Anda mengocok telur, gula pasir, dan juga ovaletdengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi hingga mengembang. Mulailah untuk pelankan kecepatan saat Anda sudah merasakan adonan ini menjadi kaku. Anda akan membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 15 menit untuk bisa melakukannya.
  2. Setelah itu mulai campurkan dengan tepung terigu secara perlahan dam dari sedikit. Pastikan semuanya akan tercampur dengan merata.
  3. Kemudian mulai campurkan pula minyak sayur menggunakan spatula. Ditambahkan pula margarin yang tadi telah dicairkan.
  4. Bagi adonan ke dalam beberapa wadah. Pastikan ada satu wadah yang dengan bagian adonan yang sedikit untu adonan dasar. Diamkan terlebih dahulu
  5. Mulai siapkan kertas roti yang sudah digambar dengan menggunakan pensil. Dimana kertas roti telah tergambar dengan pola batik. Tempelkan di balik loyang dengan posisi kertas roti yang terkena pensil diletakkan dibawah agar serbuk pensil tidak terkena pada adonan. Olesi kertas roti dengan margarin tipis
  6. Mulailah Anda melukis dengan adonan yang tadi telah disisihkan pada bagian atas kertas roti. Sembari Anda melukis, jangan lupa untuk memanaskan kukusan hingga air mendidih
  7. Setelah itu Anda bisa memasukkan adonan dasar tadi ke dalam kukusan yang telah panas. Tidak perlu langsung matang. Anda hanya perlu membuat adonan dasar ini menjadi tidak basah agar tidak bercampur dengan adonan selanjutnya. Mungkin And ahanya akan membuthkan waktu sekitar 2 atau 3 menit untuk mengukusnya. Setelagh itu angkat kembali.
  8. Setelah itu Anda bisa menaruhkan sisa adonan ke loyang tadi. Kemudiann kukus kembali hingga matang. Anda akan membutuhkan waktu hingga sekitar 10 menit hingga 20 menit agar adonan benar-benar matang.
  9. Setelah itu angkat dan dinginkan. Setelah itu Anda perlu melepas kertas roti
  10. Pada bagian roti yang polos, Anda bisa mulai mengoleskan selai dan mulailah gulung secara perlahan agar tidak patah.